Home » » Merokok dan Berat Badan Berlebih Sebabkan Kolesterol Tinggi

Merokok dan Berat Badan Berlebih Sebabkan Kolesterol Tinggi



Ketika divonis mengidap kolesterol tinggi, sudah tentu Anda merasa kebebasan untuk mengonsumsi makanan favorit menjadi terhambat.
Nah agar Anda bisa tetap menyantap makanan kesukaan tanpa khawatir menyebabkan kolesterol tinggi, ada baiknya mengenal apa saja sih penyebab kolesterol tinggi?

1. Pilihan makanan yang kurang sehat
Mengonsumsi makanan sehat, misalnya buah-buahan segar dan sayuran merupakan cara yang paling jitu untuk menghindari kolesterol.

2. Kurang aktivitas fisik
Jangan terlena duduk atau bersantai terlalu banyak tanpa bergerak. Segera turun dan berjalan-jalanlah. Jangan lupa juga untuk berolahraga minimal 2-3 kali seminggu selama 30 menit per sesi. Olahraga atau aktivitas fisik dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kolesterol jahat.

3. Merokok
Merokok mungkin memengaruhi sistem kardiovaskular dalam berbagai cara, termasuk penurunan kadar oksigen dan memicu proses kerusakan jantung itu sendiri. Beberapa penelitian juga menunjukkan bukti bahwa merokok dapat menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat. Ini diungkapkan peneliti utama Dr Adam Gepner dari University of Wisconsin School of Medicine and Public Health di Madison, Amerika Serikat, kepada Reuters Health.

4. Umur dan jenis kelamin
Setelah mencapai usia 20, kadar kolesterol Anda mulai bangkit dengan sangat perlahan. Pada laki-laki, umumnya kolesterol tinggi menetap setelah umur 50. Pada perempuan, level kolesterol tetap rendah sampai tiba masa menopause. Setelah itu naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada laki-laki. Perlu dicatat, hal ini berlaku jika kondisi tubuh Anda cukup sehat dan tidak dirusak dengan gaya hidup.

5. Berat badan berlebih
Salah satu tanda paling kentara saat berat badan sudah melambung adalah ukuran lingkar pinggang. Menurut para pakar kesehatan, lingkar pinggang melebihi normal patut diwaspadai karena itu berarti organ-organ penting tubuh sedang terancam bahaya lemak. Ukuran pinggang normal perempuan Asia adalah 80 cm, sedangkan pria 90 cm.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Berita & Teknologi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger